Tuesday, August 16, 2011

Upacara 17 Agustus Virtual di Twitter

Twitter





TEMPO Interaktif
, Jakarta - Tak perlu takut panas untuk ikut upacara ulang tahun Kemerdekaan Indonesia. Kini upacara bisa dilakukan secara maya di jejaring sosial Twitter. Hanya dengan menggerakan jari dan berbekal tanda pagar #upacarabendera, Anda bisamengikuti upacara bersama warga Indonesia dari seluruh dunia.



Upacara virtual pada 17 Agustus 2011 ini dikelola oleh akun @ID_optimis (Indonesia Optimis). Untuk mengetahui tata cara upacara bisa dilihat di laman situs www.id-optimis.org. Berdasarkan laman id-optimus, nanti pukul 16.00 WIB sudah ada geladi resik untuk upacara 17 Agustus di Monumen Tugu Proklamasi.



Esok hari, tepat pukul 07.00 WIB, acara dimulai dengan check-in bersama melalui aplikasi Foursquare di Monumen Tugu Proklamasi. Tepat pukul 10.00 WIB, diimbau untuk tidak posting tweet selama satu menit untuk mengheningkan cipta. Momen ini disesuaikan dengan detik-detik proklamasi pada waktu yang sama, 66 tahun lalu.



Usai mengheningkan cipta, seluruh peserta akan membacakan teks proklamasi melalui Twitter secara berbarengan. Dan akhirnya, pada pukul 10.15 WIB, akan ada amanat pembina upacara sesuai pilihan peserta. ID-Optimis telah membeberkan sejumlah nama yang layak disebut pembina upacara.



Ada enam pembina yang ditawarkan @ID_Optimis untuk diikuti orasinya. Pembina tersebut antara lain Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan dengan akun @aniesbaswedan. Andrew Darwis, perintis jaringan Kaskus dengan akun @adadarwis, hingga pesepak bola Bambang Pamungkas dengan akun @bepe20.



Rampung upacara, ada penutupan doa dari Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatuh Tholibin Leteh Rembang, Kiai Haji Mustofa Bisri, yang memiliki akun @gusmusgusmu.



Upacara ini juga dimeriahkan dengan penggunaan pita digital bertema optimis. Tertarik menghiasi avatar Facebook maupun Twitter Anda dengan bendera Indonesia, silakan menuju laman http://twibbon.com/join/ID_Optimis.