Monday, August 29, 2011

Tradisi Unik Selama Bulan Puasa Di Berbagai Belahan Dunia

Headline




Di Indonesia bulan Ramadhan menjadi momen paling dinantikan. Di desa-desa hampir seluruh umat Muslim masih menjalani tradisi keliling kampung sambil bershalawat.



Nah, berikut ini beberapa tradisi unik selama bulan puasa di berbagai belahan dunia yang keyoy rangkum menjadi satu ada 7 Negara Cekidot:



Mesir



Di Mesir Ramadhan ditandai dengan simbol tarian. Tarian Whirling Dervish merupakan tarian yang dibawakan oleh para lelaki berjubah. Penari berputar-putar dalam waktu yang lama diiringi nyanyian yang memuja kebaikan Nabi Muhammad.



Bosnia



Hampir sama seperti Mesir, di Bosnia juga merayakan penyambutan Ramadhan dengan tarian Whirling Dervish. Yang unik di negara ini adalah tradisi yang dilakukan para wanita.

Dalam menyambut Ramadhan para wanita punya kebiasaan yang dipercaya dapat mendatangkan sukses dan kehidupan bahagia di masa yang akan datang, yaitu dengan membasuh wajah mereka dengan air yang berasal dari gua.



Irak



Hampir sama dengan tradisi di Banglades, warga Muslim Irak pun menyambut Ramadhan dengan berbelanja di Pasar Shorja yaitu pasar tertua yang ada di Irak. Pasar itu hanya ramai pada saat Ramadhan, waktu buka pasar dimulai dari sore hingga menjelang malam.



Pakistan

Di Pakistan, setiap Ramadhan tiba masyarakat membuat pesta makan besar-besaran yang akan disantap seluruh umat. Mempersiapkan busana dan pelengkapan seperti kopyah dan manik-manik pun menjadi kebiasaan khusus untuk dipakai selama menjalani Ramadhan.



Syria

Masyarakat Muslim Syria memiliki tradisi yang telah diwariskan turun menurun. Dua hari menjelang Ramadhan, umat Muslim di Syria punya kegiatan wajib yaitu berjabat tangan satu sama lain. Tradisi ini menandakan kebaikan, belas kasih dan penghormatan bagi umat Muslim lainnya.



Turki



Di Turki, Ramadhan disambut dengan pesta besar. Tergolong mewah, karena acara biasanya digelar oleh pemerintah kota dan tidak tanggung-tanggung dalam mengeluarkan biaya.



Umat Muslim dikumpulkan pada lapangan besar yang terletak di distrik Taurus. Sekitar 5.000 orang hadir dalam acara buka bersama yang telah dipersiapkan pemerintah.



Maladewa



Maladewa melakukan pembacaan puisi yang dilakukan sesudah santap bersama, puisi bertemakan Ramadhan dibacakan oleh beberapa orang dihadapan hadirin yang ikut dalam penyambutan Ramadhan.