Monday, August 15, 2011

‘Perang Saudara’, Irfan Bachdim Bela Senior

JAKARTA – Perang saudara akan terjadi menjelang perhelatan uji coba timnas Indonesia untuk Pra Piala Dunia dengan timnas U-23, Kamis (18/8/2011). Pasalnya, ada beberapa pemain timnas U-23 yang tergabung dalam timnas senior, di antaranya adalah Irfan Bachdim, Okto Maniani, dan Kiper Kurnia Mega.

Irfan Bachdim, Oktavianus Maniani dan Kurnia Mega memang belum berusia lebih dari 23 tahun. Hal inilah yang membuat mereka dipanggil ke timnas Indonesia U-23 untuk turun di SEA Games XXVI. Mereka bahkan sempat mengikuti pelatihan karakter di Batujajar.

Walau begitu, kini mereka harus bersiap untuk menghadapi para rekannya di timnas U-23 dengan membela panji timnas senior. Hal ini sendiri telah dikonfirmasi oleh Roso Daras yang merupakan manajer timnas U-23.

“Para pemain timnas U-23 seperti Irfan Bachdim, Okto, dan Kurnia Mega akan tetap berada di tim senior. Prioritas lebih kepada timnas senior untuk menghadapi Pra Piala dunia, sedangkan U-23 lebih ke SEA Games. Jika ada langkah dari pelatih Wim untuk mengembalikan mereka ke skuad U-23, ya kami akan terima,” ujar Roso Daras ketika dihubungi via telepon oleh Okezone.com, Senin (15/8/2011).

Timnas U-23 baru-baru ini mendapat suntikan kekuatan baru dengan kehadiran Ruben Wuarbanaran dan Diego Michiels. Kedua pemain asal Belanda ini memang telah menjadi warga negara Indonesia demi membela panji merah putih.

“Mereka (Ruben dan Diego) sudah begabung dan masuk ke Trainning Camp di Batu, Malang. Mereka sudah mulai sedikit berlatih sejak hari Kamis (11/8/2011) lalu. Untuk penurunan keduanya (di laga ujicoba melawan timnas Senior) tergantung keputusan pelatih nanti,” papar Roso Daras.

Selain kedua nama itu, satu pemain naturalisasi lain, Joey Suk juga termasuk dalam Keppres Presiden mengenai pemberian kewarganegaraan yang diterbitkan 6 Juli lalu. Namun hingga saat ini Joes Suk belum melangsungkan sumpah WNI sebagai syarat terakhir proses naturalisasi. Sebelumnya, mantan Deputi Bidang Teknik BTN, Iman Arif mengatakan gelandang Go Ahead Eagles itu baru akan datang ke Indonesia sebelum Lebaran. Sebab itu Roso mengaku belum bisa berbicara banyak soal Joey Suk.

“Kami tidak bisa melakukan apa-apa karena kami tidak ingin berandai-andai.”

Sumber : indofiles.org