Wednesday, August 3, 2011

Menangis Tidak Bikin Seseorang Merasa Lebih Baik

img Selama ini, kita sering membaca artikel tentang menangis dapat membantu seseorang melalui sakitnya putus cinta atau perasaan dikecewakan. Secara sugesti pun kita mempercayai hal itu bertahun-tahun. Apakah benar demikian?

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan oleh Journal of Research in Personality menjawab keraguan tersebut. Ternyata menangis tidak membantu sama sekali.

Lantunan lagu BB King yang berjudul 'Crying Won't Help You' ternyata benar adanya. Studi yang dilakukan di Belanda ini mengumpulkan 97 orang wanita berusia 18 hingga 48 tahun. Selama 73 hari, mereka memonitor buku harian mereka yang berisi catatan perasaan hingga aktivitas menangis, seperti yang dikutip dari Dailymail.

Para peniliti menemukan 1,0004 episode menangis yang dilakukan para wanita tersebut. Dan ditemukan dua pertiga dari mereka tidak merasa membaik sedikitpun setelah meluapkan perasaan kecewa dengan jalan menangis.

Catatan harian tersebut bahkan menemukan justru seiring berjalannya hari, lebih banyak wanita yang mereasa lebih buruk setelah menangis. Perasaan galau dan kecewa pun terasa makin kuat. Aura negatif yang dihasilkan berkelanjutan hingga dua hari berikutnya pasca menangis.

Secara keseluruhan, 61 persen wanita tidak merasa membaik setelah menangis. Meskipun mereka juga tidak melaporkan merasa lebih buruk setelahnya. 9 persen wanita merasa lebih buruk. Dan sisanya merasa mungkin lebih baik setelah menangis.

Selama studi berlangsung, rata-rata wanita menangis 10 kali. Satu wanita bahkan menangis hingga 52 kali, akibat depresi yang berkepanjangan, seperti dikutip dari Wall Street Journal.

Para peneliti menyatakan, menangis lebih baik dilakukan di depan orang lain ketimbang sendirian karena efeknya lebih positif. Meskipun demikian, ditemukan pula efek menangis di depan banyak orang justru lebih merugikan.

Untuk kualitas menangis, studi juga menemukan bahwa menangis dengan berteriak dan menggerakkan anggota tubuh jauh lebih baik manfaatnya ketimbang menangis tersedu-sedu.