Friday, August 12, 2011

AS Bantah Bocorkan Informasi Rahasia untuk Film ‘Kill Bin Laden’

Belum juga dirilis, film ‘Kill Bin Laden’ sudah menimbulkan kontroversi.

Anggota Kongres Partai Republik, Peter King telah mengirim surat kepada CIA dan Departemen Pertahanan AS untuk melakukan penyelidikan tentang pembuatan film tersebut.

Peter khawatir jika ada oknum di pemerintahan Obama yang membocorkan informasi rahasia soal Osama bin Laden kepada sutradara Kathryn Bigelow dan Sony Pictures. Namun Gedung Putih membantahnya.

“Klaim konyol,” kata Jay Carney, seorang juru bicara dari Gedung Putih dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Aceshowbiz, Jumat (12/8/2011).

“Kita tidak membahas informasi rahasia, dan saya harap ketika kita menghadapi ancaman lanjutan dari terorisme, Komite House Homeland Security akan memiliki topik yang lebih penting untuk dibahas dari film,” tambahnya.

Menanggapi Peter, Kathryn Bigelow juga telah memberikan pernyataannya. Menurut sang sutradara, proyek film yang dibuatnya merupakan hasil risetnya dalam perburuan Osama bin Laden selama bertahun-tahun di masa pemerintahan Clinton, Bush, dan Obama.

Sebelumnya, Kathryn dan rekannya Mark Boal sudah berencana untuk memproduksi proyek indie. Film tersebut dibuat berdasarkan misi pembunuhan Osama yang gagal saat ia bersembunyi di perbatasan antara Pakistan dan Afghanistan.

Namun sutradara pemenang Oscar itu mengatakan, ‘Kill bin Laden’ tidak sepenuhnya fokus pada pemimpin Al Qaeda. Rincian soal film tersebut juga belum bisa dijelaskan.

Aktor Yoel Edgerton disebut-sebut sebagai bintang utama. Sementara Megan Ellison, putri dari kepala Oracle Larry Ellison dikabarkan sebagai investor.

Kembali ke 2006, ada juga sebuah proyek yang disebut “Jawbreaker” tentang perburuan Osama yang dibuat Paramount. Film tersebut diangkat dari sebuah buku tentang operasi intelijen AS Gary Bernsten ‘berburu dan misi membunuh Osama’ pada Desember 2001.