Wednesday, August 3, 2011

5 Ciri Pria yang Memiliki Kematangan Emosional

img Ukuran kedewasaan pria, tidak selalu dilihat dari faktor usia. Tapi dari caranya menanggapi persoalan. Ada perbedaan sifat yang cukup signifikan, antara pria yang telah matang secara emosional dan pria kekanakan. Berikut ini sikap-sikap yang menunjukkan apakah seorang pria sudah dewasa, seperti dikutip dari eHarmony.

1. Berani Mengambil Keputusan
Pernahkah Anda bertemu dengan pria yang selalu ragu dalam segala hal? Mereka hanya banyak berkata-kata, mudah stres dan tidak bisa menetapkan keputusan. Tiga hal tersebut adalah sikap pria yang kekanak-kanakkan. Sementara pria yang dewasa secara emosional, biasanya tidak memiliki kesulitan untuk mengambil keputusan dan berkomitmen dalam hidupnya, tanpa keraguan atau stres.

Misalnya saja dalam hal asmara, pria dewasa biasanya sudah yakin memilih siapa wanita yang akan jadi pasangan hidup, dan tahu apa yang dia mau dalam hubungan asmara. Dia tidak plin-plan, menghilang atau muncul begitu saja semaunya.

2. Berani Bertanggung Jawab
Pria childish selalu mengeluhkan semua hal dalam hidupnya, suka menyalahkan orang lain dan tidak bisa mengontrol emosi. Sementara pria yang sudah dewasa secara emosional, berani bertanggung jawab terhadap perbuatannya, baik ataupun salah. Pria dewasa biasanya jarang terlihat mengeluh atau merengek, dan tidak menimpakan kesalahan pada orang lain jika dia berbuat salah. Sebaliknya, dia akan berusaha sebisa mungkin menjadikan semuanya lebih baik.

3. Punya Tujuan Hidup
Ada pria yang memiliki tujuan hidup, baik dalam segi karir maupun asmara dan berusaha mencapainya. Ada pula pria yang menghabiskan masa mudanya hanya dengan bersenang-senang, sehingga kehidupannya seperti berjalan di tempat. Sifat yang pertama, menunjukkan kalau dia adalah pria yang matang secara emosional.

4. Memiliki Orang-orang Terdekat
Cara terbaik untuk mengetahui bagaimana dia akan menangani jalinan asmaranya dengan wanita, adalah dengan melihat seperti apa hubungannya dengan orang-orang terdekat. Lihatlah hubungan pertemanannya. Pria pasti punya beberapa teman, tapi apakah dia memiliki teman dekat atau sahabat pria? Punya sahabat, menunjukkan kalau dia nyaman menjalin hubungan baik dan mau terbuka dengan orang lain dalam hidupnya.

5. Bisa Mengekspresikan Diri
Pria yang berpikiran matang, tidak hanya bisa mengatakan apa yang ada di pikirannya. Tapi bisa mengungkapkan perasaan, pilihan, apa yang dia suka dan tidak. Dia bisa mengekspresikan yang terjadi pada hati dan pikiran tanpa emosi yang meledak-ledak.

Sebaliknya, pria kekanakan tidak bisa mengekspresikan diri dengan benar. Ia cenderung memendam perasaan, mudah kesal dan frustasi tanpa alasan karena sulit mengomunikasikan pendapatnya.

Sumber: http://www.wolipop.com/read/2011/08/03/173356/1695858/852/5-ciri-pria-yang-memiliki-kematangan-emosional